HARMAILIS CHANIAGO

13 November 2013
Keikutsertaan yang Tulus pada Pesta Demokrasi di Kampus Tercinta

Tidak bermaksud untuk mengadu nasib... tidak bermaksud untuk menguji keberuntungan, tidak bermaksud hanya untuk coba coba... Sekali lagi tidak......  Tapi...  ini jelas  karena panggilan hati, panggilan hati untuk ikut dalam melakukan pembenahan di kampus tercinta, panggilan hati untuk lebih memajukan dan mengembangkan kampus Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh,  yang sebenarnya sudah cukup maju dan bekembang sejak sepuluh tahun terakhir...
Saat ini kampus tempat saya bekerja ini,  memiliki 1332 mahasiswa aktif, 141 orang dosen, 66 Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), lebih dri 100 orang tenaga administrasi, juga didukung oleh tenaga honorer yang terdiri dari Cleaning Service, Tenaga Harian Lapangan, dan tenaga Pengamanan. 

Sekarang Politeknik Pertanian sedang melakukan pesta demokrasi dalam pemilihan pimpinan puncak.  Pemilihan Direktur untuk periode 2014-2017...  Gaung dari pesta ini sudah terdengar sejak beberapa mingu ini.. Dari 14 orang staf pengajar di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang memenuhi kriteria untuk maju sebagai bakal calon direktur, ada 8 orang yang mengembalikan berkas ke panitia dan bersedia untuk dipilih...  Kemaren, tgl 12 November 2013, ke delapan bakal calon Direktur itu telah disosialisasikan kepada khalayak ramai di kampus tercinta oleh panitia yang diketuai oleh Ir. Ramon Siregar, MP...  Di setiap Unit, di setiap Sub Bagian, Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan di setiap Jurusan sudah disosialisasikan bakal calon yang delapan orang ini.  Dan seperti saya sebutkan di awal tulisan ini, saya terpanggil untuk ikut serta dalam proses demokrasi ini. 

Dan saya adalah salah satu dari delapan orang itu.  Saya tidak menganggap yang lainnya sebagai rival atau saingan,.. mereka adalah senior senior saya yang teramat saya hargai, yang saya hormati, saya yakin mereka juga mempunyai pikiran yang sama dengan saya, terpanggil untuk memajukan kampus ini..  Oleh sebab itu bagi saya, siapapun pun nanti yang dipercaya dan diberi amanah oleh dosen (melalui Pemilihan Umum Raya = PEMIRA) dan dipilih anggota senat (sesuai dengan KEPMEN No 33), saya akan mendukung sepenuhnya. Kita dukung siapapun yang terpilih.

Karena saya juga menyatakan bersedia untuk maju, dengan Bismillah maka saya coba menuangkan dalam sebuah konsep, visi, misi dan program kerja yang coba saya postingkan dalam blog saya ini...

Visi, Misi dan Program Kerja
Calon Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
Periode 2014-2017

Oleh :
Ir. Harmailis, M.Si
Dosen Jurusan Teknologi Pertanian

Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirohim, sadar akan tantangan yang akan dihadapi untuk memajukan kampus tercinta Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh empat tahun kedepan, dan dengan melihat kelemahan diri serta melihat kemampuan lebih orang lain, saya coba membuat visi, misi dan program kerja sebagai Bakal Calon Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh periode tahun 2014-2017.

Visi  :
Menjadikan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Sebagai Perguruan Tinggi Vokasional  Terkemuka di Bidang  Pertanian.

Misi  :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasu yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menjalankan proses pendidikan secara profesional dengfan mengedepankan etika, integritas, sistematis dan akuntabel.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional, berkulaitas dan berkompenten di bidang pertanian.
  4. Mengembangkan SDM dan Sarana Prasarana yang berkualitas sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.
  5. Pengelolaan Manajemen organisasi yang transparan dan akuntabel.
  6. Peningkatan IPTEKS melelaui penelitian yang aplikatif dan penerapannya di tengah mansayarakat.
  7. Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memudahkan akses informasi terintergrasi baik internal maupun eksternal.
  8. Meningkatkan kualitas, kreatifitas dan peran aktif mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan.
  9. Menciptakan ilkim kondusif untuk akademik atmosfir kampus yang lebih baik.
  10. Memperluas akses kerjasama dengan terkait baik dalam maupun luar negeri.
Program Kerja :


Berdasarkan Visi dan Misi, maka prioritas program kerja  dalam kurun waktu 2014 – 2017  adalah : 

  1. Penyusunan rencana kerja dan panduan operasional yang jelas untuk mengimplementasikan Rencana Strategis (RENSTRA)  Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.
  2. Menata dan mengembangkan organisasi yang efektif dan efisien sehingga setiap organisasi memiliki kejelasan tugas, wewenang, tanggung jawab, serta indikator kinerja yang terukur
  3. Mempercepat proses kemandirian Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh sesuai dengan tuntutan Undang Undang dan Sisdiknas.
  4. Penataan dan peningkatan kompetensi dan Kualitas SDM, Dosen, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP),  dan tenaga Administrasi.
  5. Mengoptimalkan penggunaan Wabesite Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh dan penggunaan Hotspot di lingkungan kampus bagi Dosen, Mahasiswa, PLP  dan Karyawan secara merata.
  6. Penataan,  pengelolaan dan pengembangan Sarana Prasarana (aset).
  7. Membangun Laboratoriun Terpadu dan Laboratorium Kompetensi dalam rangka menyelenggarakan Proses PBM yang terarah.
  8. Menjalin dan meningkatkan kerjasama (MoU)  dengan stakeholder ataupun dengan lembaga terkait lainnya.
  9. Penataan dan pengelolaan Proses Belajar Mengajar (PBM)  yang terintegrasi untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan yang profesional.
  10. Meningkatkan kegiatan kemahasiswaan yang berbasis IPTEKS, kewirausahaan minat bakat dan penalaran.    
Demikian saya sampaikan hasil pemikiran visi, misi  dan program kerja bakal calon Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh periode 2014-2017. Terima kasih.  Wassalam

Tanjung Pati, 10 November 2013.
Bakol Calon Direktur  Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
Periode 2014 – 2017.

Ir. Harmailis, M.Si
NIP. 196907161994031003
 


posted by Harmailis Chaniago @ 6:31 AM  
5 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Mencoba Berbagi Melalui Blog Ini
Tentang Saya

Name: Harmailis Chaniago
Home:
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Politeknik Pertanian Universitas Andalas, merupakan program diploma 3 vokasional yang terdapat di Tanjung Pati, Lima Puluh Kota Terdiri dari 3 jurusan dan 8 Program Studi.

Links
Powered by

Free Blogger Templates Web Hosting

BLOGGER